Kamis, 03 November 2011

Manajemen dan Organisasi

Manajemen dan Organisasi



I. Manajemen

  • Pengertian dan Peranan Manajemen
Manajemen (menurut Prof. Oei Liang Lee) adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Peranan manajemen :
  1. Peran interpersonal, yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada disekelilingnya.
  2. Peran informasi, yaitu peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain.
  • Latar Belakang Sejarah Manajemen
Sekitar tahun 1885, Frederick W, Taylor (1856-1915) merupakan salah seorang yang pertama kali mempelajari metode kerja. Beberapa tahun sebelum Taylor, Herry Fayol (1841-1945) telah menjadi manajer pada sebuah pertambangan batu bara di Perancis ia juga mempelajari manajemen, mencari teknik-teknik yang dapat menigkatkan produksi batu bara ia juga memunculkan buku tahun 1911, yang berjudul The Principles of Scientific Management.
  • Fungsi dan Proses Manajemen
Fungsi manajemen :
  1. Perencanaan.
  2. Pengorganisasian.
  3. Pengerahan.
  4. Pengkoordinasian.
  5. Pengewasan.
Proses Manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam menajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
  •  Ciri-ciri Manajer Profesional :
  1. Berbudaya korporat, yaitu tranpasrasi, idependensi, responsif, akuntabilitas, kejujuran.
  2. Dukungan manajemen puncak.
  3. Bermanfaat untuk kepentingan internal dan juga eksternal organisasi.
  4. Berorientasi ke masa depan dengan pendekatan holistik.
  5. Berdimensi jangka panjang dan bersinambungan.
  6. Sistem nilai prinsip efisiensi dan efektivitas.
  •  Keterampilan Manajemen :
  1. Pengendali gangguan.
  2. Pengalokasian sumber daya.
  3. Perunding.






II. Organisasi

  • Pengertian
Organisasi (menurut Boone dan Kurtz) adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
  • Pentingnya Organisasi
Karena kita selalu berkaitan dengan organisasi. Misalnya organisasi pada sebuah kampus atau kelas di kampus tersebut. Dengan kita mengenal organisasi maka kita juga bisa menambah pengetahuan dari organisasi yang kita jalani.
  • Bentuk-bentuk Organisasi :
  1. Organisasi politik, yaitu suatu kelompok yang bergerak dalam proses politik dan dalam ilmu kenegaraan, secara aktif dalam menentukan nasib bangsa tersebut.
  2. Organisasi sosial, yaitu perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang bebadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum.
  3. Organisasi mahasiswa, yaitu organisasi yang beranggotakan mahasiswa.
  4. Organisasi olahraga.
  5. Organisasi sekolah.
  6. Organisasi negara.
  • Prinsip-prinsip Organisas :
  1. Perumusan tujuan yang jelas.
  2. Pembagian kerja.
  3. Delegasi kekuasaan.
  4. Rentang kekuasaan.
  5. Tingkat pengawasan.
  6. Kesatuan perintah dan tanggung jawab.
  7. Koordinasi.



Daftar Pustaka :
  1. http://ronawajah.wordpress.com/2007/05/13/manajemen-profesional/
  2. http://organisasi.org/macam-jenis-peranan-manajemen-peran-manajer-dalam-organisasi-perusahaan-ekonomi-manajemen
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Proses_Manajemen
  4. http://ocw.gunadarma.id/course/economics/management-S1/pengantar-bisnis/manajemen-dan-organisasi
  5. http://belajarmanagement.wordpress.com/2010/02/25/prinsip-prinsip-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar