Jumat, 04 November 2011

Pemasaran

PEMASARAN





I. Pengertian Pasar dan Pemasaran


Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu.
Pemasaran adalah suatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.


II. Jenis-Jenis Pasar


Jenis-jenis pasar :
  1. Pasar nyata adalah pasar dimana berang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
  2. Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dengannya saja.
  3. Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung.
  4. Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri.


III. Konsep Inti Pemasaran

Konsep-konsep pemasaran : 
  1. Konsep pegeluaran adalah berasaskan kepercayaan bahwa pengguna lebih berminat membeli produk yang berharga murah serta mudah diperoleh.
  2. Konsep produk adalah berasaskan kepada prinsip bahwa pengguna akan menghargai dan lebih mengutamakan produk yang menawarkan kualiti, presentasi dari ciri-ciri inovatif yang terbaik.
  3. Konsep jualan adalah berorientasikan melalui produk melalui kaedah pemasaran yang lebih agresif.
  4. Konsep kesejahteraan adalah langsung dari pada konsep pemasaran dimana ia ditambah dengan unsur-unsur kepekaan industri terhadap kesejahteraan pengguna serta masyarakat keseluruhan.


IV. Manajemen Pemasaran


Keadaan permintaan :
  1. Permintaan negatif adalah permintaan dimana sebagian dari segment pasar, tidak menginginkan produk itu.
  2. Sedikit permintaan adalah keadaan dimana hanya sebagian hasil segment pasar yang berminat terhadap penawaran produk. 
  3. Permintaan tersembunya adalah keadaan dimana ada permintaan, tetapi produk tidak tersedia.
  4. Permintaan menurun adalah dimana tidak ada permintaan.
Falsafah manajemen pemasaran :
  1. Production concept adalah konsumen lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah harganya.
  2. Product concept adalah konsumen-konsumen produk yang menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta fitur-fitur yang inovatif.
  3. Selling concept adalah konsumen dan pembisnis hanya akan membelikan produk yang melakukan usaha-usaha pemsaran yang aktif.
  4. Marketing concept adalah kunci pencapaian sasaran organisasi.
  5. Holistic marketing concept adalah merupakan konsep menyeluruh atas relationship marketing, ontergrated marketing.


V. Bauran Pemasaran


Produk adalah suatu sifat yang baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, pretise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari baang beserta pelayanannya.
Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu-arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran


VI. Tujuan Sistem Pemasaran

  1. Memaksimumkan konsumsi.
  2. Memaksimumkan kepuasan konsumen.
  3. Memaksimumkan mutu hidup.



VII. Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran

  1. Pendekatan serba fungsi, pembelian, pengangkkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, dll.
  2. Pendekatan serba lembaga, dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, spiler, dll.
  3. Pendekatan serba barang, bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.
  4. Pendekatan serba manajemen, dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.



Sumber :
  1. http://id.shvoong.com/business-management/2003665-pengertian-pasar/
  2. http://syadiashare.com/jenis-pasar.html
  3. http://infosky.wordpress.com/2007/04/08/5-konsep-pemasaran/
  4. http://datakuliah.blogspot.com/2009/11/falsafah-manajemen-pemasaran-dan.html
  5. http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar